Latest News

Mandi Besar (Adus)

Mandi Besar
Mandi Besar

Mandi besar seperti yang saya katakan pada postingan sebelumnya ,pada postingan kali ini saya akan mencoba membahas tentang adus (mandi besar).
Apasih mandi besar itu ? Dan apa harus ? Satu2 ya jawabnya hehe.
Mandi besar atau biasa di sebut (adus) adalah mandi yang di wajibkan kepada kita ketika kita mempunyai hadats besar,lagi-lagi timbul pertanyan,lalu hadats besar itu apa ?
Hadats besar adalah ya itu tadi, hadats yang mengharuskan (mewajibkan) kita untuk mandi besar,kenapa harus ? karena kalau kita sedang mempunyai hadats besar ada 6 hal yang di haramkan.


6 Perkara Yang Di Haramkan Ketika Mempunyai Hadats Besar


  1. Sholat
  2. Thowaf
  3.  Menyentuh al-qur'an
  4.  Membawa al-qur'an
  5.  Membaca al-qur'an
  6. Diam di mesjid

Nah,jika kita sedang dalam keadaan mempunyai hadats besar,kita diharamkan untuk melakukan 6 hal di atas,lalu kepada siapa mandi besar itu di wajibkan ?
 Ada 5 golongan yang di haruskan (diwajibkan) mandi besar.

5 Golongan Yang Wajib Mandi Besar


  1. Keluar air mani 
  2. Junub
  3. Melahirkan
  4. Putusnya haid
  5. Putusnya nifas

    Jadi jika kita ada dalam keadaan salah satu seperti yg di atas,kita di wajibkan untuk mandi besar (adus).Dan ketika kita sedang melakukan mandi besar,ada 2 hal yang di fardlukan (diwajibkan)


Fardlu Adus (Mandi Besar)



  1. Niat, bersamaan ketika kita pertama membasuh salah satu anggota tubuh kemudian dalam hati kita berniat "aku berniat menghilangkan hadats besar".
  2. Membasuh semua anggota badan dengan air,jika satu titik saja ada yg terlewat (tidak terkena air) maka mandi besarnyaa itu tidak sah,termasuk semua rambut & bulu2 yang ada pada anggota tubuh.


Catatan ; Wajib ketika kita sedang mandi besar,kita harus mengejankan anus dubur kita sampai terbuka dan membasuhnya,karena itu adalah sebagian dari dlohir tubuh kita,yang artinya jika kita lupa,itu sama saja kita melewatkan satu titik dari anggota tubuh kita yang tidak terbasuh oleh air.

Saya rasa semua tentang mandi besar sudah di jelaskan,semoga bermanfa'at ya :)

0 Response to "Mandi Besar (Adus)"